5 Manfaat Kojic Acid Dalam Kandungan Skincare

5 Manfaat Kojic Acid Dalam Kandungan Skincare

Dalam sebuah produk skincare, terdapat berbagai macam bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Umumnya, bahan-bahan yang terkandung adalah campuran dari bahan alami, dan bahan kimia yang sudah teruji aman untuk penggunaan kulit. Salah satu bahan yang seringkali terdapat di produk skincare, adalah Kojic Acid.

Apa itu Kojic Acid?

Kojic Acid adalah senyawa organik yang dihasilkan oleh beberapa spesies jamur, termasuk Aspergillus Oryzae dan Aspergillus Tamarii. Selain jadi komposisi dalam produk skincare, jenis jamur ini juga ditemukan di berbagai produk makanan, seperti kecap fermentasi, anggur beras, dan sake. Kojic Acid bekerja dengan cara menghambat pembentukan tirosin, yaitu asam amino yang memproduksi Melanin. Dengan manfaat itu, Kojic Acid dapat mencerahkan wajah. Selain dapat mencerahkan wajah, terdapat berbagai manfaat lainnya dari Kojic Acid.

Berikut 5 manfaat dari Kojic Acid :

  1. Membantu mengurangi Hiperpigmentasi

Kojic acid telah terbukti efektif dalam mengurangi produksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit. Produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan hiperpigmentasi, seperti bintik-bintik gelap, noda hitam, dan bekas jerawat. Dengan menghambat produksi melanin, kojic acid dapat membantu mengurangi tampilan hiperpigmentasi pada kulit.

  1. Melawan jerawat

Kojic acid juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes. Dengan mengurangi pertumbuhan bakteri ini, kojic acid dapat membantu mengurangi jumlah dan ukuran jerawat pada kulit.

  1. Mengobati infeksi jamur

Kojic Acid memiliki sifat anti jamur, yang dapat mengobati infeksi jamur, seperti kandiasis, kurap, dan kutu air. Untuk mencegah infeksi jamur terjadi kembali, kamu perlu rutin mengoleskan salep yang mengandung Kojic Acid.

  1. Mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan

Kojic acid juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan demikian, zat ini dapat membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

  1. Mengurangi tampilan kulit kusam

Kojic acid dapat membantu mengurangi tampilan kulit kusam dengan mengurangi produksi melanin yang berlebihan. Kulit yang kusam sering kali disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di area tertentu, seperti di sekitar mata atau di daerah lipatan kulit. Dengan menghambat produksi melanin, kojic acid dapat membantu mengurangi tampilan kulit kusam.

Di pasaran, banyak tersedia skincare yang mengandung Kojic Acid. Salah satunya adalah Melanox Premium Whitening Serum. Melanox Premium terdiri dari Serum dan Cream. Dengan formula baru, mengandung perpaduan premium whitening dan anti aging agent:

  1. Retinol (merangsang pembentukan kolagen, sehingga kerut dan tanda penuaan kulit berkurang)
  2. Kojic Acid (berguna untuk menghambat proses pembentukan melanin.  Menjadikan kulit makin cerah bersinar)
  3. C-Bright Whitening (mencerahkan kulit sekaligus melindungi dari efek buruk sinar matahari)
  4. Antioksidant (melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar matahari)