Jangan Asal Percaya, Ini 7 Mitos Kulit Putih yang Perlu Kamu Cek Faktanya

Jangan Asal Percaya, Ini 7 Mitos Kulit Putih yang Perlu Kamu Cek Faktanya

Banyak wanita Indonesia yang mendambakan kulit putih dan bersih. Di mana, kulit putih dan bersih bisa membuat penampilan semakin menarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Hal inilah yang melatar belakangi banyaknya produk pemutih bertebaran di Indonesia. Namun sayangnya, tidak semua produk bagus untuk kulit dan justru membuat kulit rusak. Karena pada dasarnya untuk menjadi putih dan bersih itu tidaklah semudah itu, ada proses yang harus dilalui.

Jadi, agar kamu tidak salah menggunakan pemutih, di bawah ini Melanox akan memberikan mitos dan fakta seputar pemutih kulit.

Pemutih kulit aman digunakan ketika beraktivitas di luar ruangan

Perlu diketahui bahwa sebagian produk pemutih kulit biasanya mengandung zat aktif, seperti AHA dan asam kojic, yang bisa menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit dan membuat kulit menjadi sensitif ketika terkena paparan sinar matahari.

Sehingga, untuk memaksimalkan pemutih kulit bekerja di kulitmu, kamu tetap perlu menggunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 ketika sedang menggunakan pencerah  kulit dan beraktivitas di siang hari.

Kamu bisa menggunakan Melanox Premium Skin UV Protector yang mengandung SPF 30 dan mampu melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar ultraviolet matahari, dan mampu memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Produk pemutih kulit yang mahal pasti lebih bagus

Tidak semua produk pemutih kulit mahal itu lebih baik daripada produk yang lebih murah. Di mana, pada umumnya kandungan setiap produk pencerah  kulit hampir sama. Namun, biasa kembali lagi ke jenis kulit kamu nantinya. Apakah kulit kamu cocok menggunakan produk pemutih tersebut atau tidak.

Semakin banyak jenis kandungan pemutih yang digunakan, maka semakin baik

Pernyataan di atas tidak selalu benar. Hal ini karena ada beberapa zat dalam produk pemutih kulit justru tidak dapat bekerja dengan efektif atau berisiko menyebabkan iritasi kulit ketika digunakan bersamaan.

Misalnya, terdapat produk yang mengkombinasikan kandungan retinol dan AHA. Di mana, kedua zat ini memiliki manfaat yang serupa, yaitu membuat kulit tampak lebih cerah. Namun, penggunaannya yang secara bersamaan justru bisa membuat kulit mudah kering dan iritasi.

Kulit putih lebih cepat sama dengan baik

Pernyataan di atas hanyalah MITOS belaka. Justru kamu harus berhati-hati ketika menemukan produk yang mengklaim memutihkan kulit dengan cepat. Pemutih kulit yang memberikan hasil cepat bisa saja mengandung zat dengan kadar yang terlalu tinggi atau mengandung zat berbahaya, seperti merkuri. Ada beberapa kandungan yang mampu mencerahkan kulit, seperti asam kojic dan akar licorice. Kedua bahan ini bisa memberikan hasil setelah 2–4 minggu pemakaian.

Hidrokinon aman digunakan

Pernahkah kamu mendengar nama hidrokinon? Ini merupakan salah zat pemutih kulit yang bekerja dengan cara menghambat produksi melanin. Namun faktanya, bahan ini bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya, mulai dari hiperpigmentasi, iritasi kulit, kanker kulit, hingga kerusakan ginjal. Oleh karena itu, bahan satu ini dilarang untuk ditambahkan di dalam produk pemutih kulit yang dijual bebas dan hanya boleh digunakan sesuai resep dan petunjuk dokter.

Makin banyak digunakan, kulit makin putih

Karena ingin cepat putih, bukan berarti kamu bisa menggunakan produk pemutih sebanyak-banyaknya. Sebelum menggunakannya, kamu perlu membaca terlebih dahulu kandungan dan petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan. Bila perlu, kamu juga bisa melakukan konsultasi ke dokter terkait komposisi, cara penggunaan, risiko, dan aturan untuk menghentikan penggunaan produk tersebut.

Kulit putih = cantik

Tidak sedikit wanita Indonesia yang salah mengartikan kulit putih = cantik. Mereka beranggapan bahwa penampilannya akan lebih menarik jika memiliki kulit putih. Hal ini juga diperkuat dengan banyaknya iklan produk pemutih kulit.

Padahal, kulit wanita Indonesia punya banyak beragam warna dan kecantikan seseorang tidak hanya dilihat dari warna kulitnya saja. Selama kamu percaya diri dengan apa yang kamu miliki, maka kecantikan akan terpancar dengan sendirinya.

Kulit yang cantik tidak selalu putih, tapi kulit yang cantik adalah kulit yang sehat dan bersih. Untuk mendapatkan kulit cantik dan bersih, kamu bisa menggunakan rangkaian produk Melanox. Di mana, produk Melanox sudah teruji dari puluhan tahun lalu dan aman digunakan untuk seluruh jenis kulit.

Ada banyak rangkaian produk Melanox Premium yang bisa kamu gunakan mulai dari Facial Cleansing Gel, Skin Toner, Whitening Serum, Whitening Cream, Skin UV Protector, dan masih banyak lagi. Jadi, buat kamu yang mau punya kulit cantik dan bersih, jangan lupa untuk selalu gunakan rangkaian produk Melanox setiap hari. Perlu diingat juga, untuk punya kulit cantik dan sehat itu tidak instan ya Girls!