Efek buruk Stress terhadap kulit?

Efek buruk Stress terhadap kulit?

Banyak hal yang memicu datangnya stress, masalah di rumah, deadline di kantor. Dan stress ini tidak hanya berakibat pada pola hidup, pola makan akan tetapi berdampak kurang baik juga untuk Kesehatan kulit. Terkadang stress yang dialami seringkali membuat kita abai akan kesehatan, termasuk untuk merawat kulit.

Dampak efek buruk stress terhadap kulit, bisa menimbulkan beberapa masalah kulit dibawah ini :

Jerawat

Hal yang paling sering muncul di wajah ketika mengalami stress adalah jerawat, karena stress bisa meningkatkan hormon kortisol yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit.

Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik juga kerap kali ditemukan sebagai salah satu hal yang muncul Ketika mengalami stress. Stress diketahui dapat memicu peradangan pada kulit yang pada kemudian berakibat menimbulkan eksim/ dermatitis atopik

Psoriasis 

Psoriasis adalah kondisi kulit yang diduga sebagai masalah sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini diakibatkan karena sel-sel kulit menumpuk dan menghasilkan bercak, kering bersisik dan juga gatal dan kebanyakan terpicu oleh stress ataupun pilek.

Memang stress adalah kondisi yang terkadang tidak mudah untuk dihindari, namun ada beberapa hal yang bisa di coba untuk mengatasi atau mengurangi efek stress pada kulit seperti  menjaga Kesehatan kulit, konsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, cukupi kebutuhan tidur, lakukan relaksasi dan meditasi